Flickr Images

Belajar Program Melatih Logika



Belajar Program Melatih Logika - Nah kali ini saya akan memposting tentang manfaat belajar program. Dikalangan masyarakat program itu sangatlah sulit karena membutuhkan keahlian dalam membuat alur dan dapat memecahkan masalah. Setidaknya kita dapat membuat sebuah alur dan dapat sejalan. Contohnya jika kita ingin pergi ke kamar mandi, atau pun melakukan sesuatu itu merupakan hal yang harus di pelajari pada programan apapun. Untuk mempelajari bahasa program tidak perlu lah kita menghafal asal kita tahu struktur dari program itu sendiri. Sebelum kita menuju ke bahasa program kita harus mengerti apa itu flowchart. Flow Chart merupakan alur dari sebuah program itu sendiri, alur tersebut bisa program bisa kegiatan sehari-hari dan lain-lain. Langkah-langkah dalam program itu merupakan Algoritma


MACAM-MACAM FLOWCHART

  1.  Start 
  2. Process
  3. Input 
  4. Decision/Percabangan 
  5. Data 
  6. Off Page Connector/Pindah lembar
  7. Connector/Pindah halaman jika struktur flowchart tidak cukup
  8. End
 Macam-Macam FlowChart diatas merupakan dasar yang perlu dihafal. Sebenarnya masih banyak macam-macam flowchart tetapi saya hanya menulis yang sangat dasar. Untuk bentuk flowchart sendiri bisa di cari di Office Word.  Gambar dibawah ini merupakan  flowchart yang ada di office. Lokasi bisa dilihat pada bagian Insert kemudian Shapes

Belajar Program Melatih Logika
Klik Untuk Memperbesar Ukuran







Kemudian apa hubungannya belajar program dapat melatih logika..?
Di programmer lebih dapat melatih kinerja otak kita untuk menghafal mencoba dan kreatifitas. Tentunya pasti ada yang namanya memecahkan masalah. Belajar program harus jeli dan harus konsentrasi. Jika kelewat 1 kata atau tanda yang kurang benar pasti akan error semua. Sudah saya singgung pada artikel pada alenia 1 bahwa kegiatan sehari-hari kita merupakan algoritma hanya saja bukan program. Untuk membuat sebuah aplikasi tentunya kita perlu tahu apa fungsi bagaimana flowchart nya/alurnya.

Untuk program kita berharga mahal tentunya kita lihat dari alur/flowchart tadi. Untuk pemahaman flowchart tentunya kita harus perlu belajar. Setelah kalian mengerti flowchart dan dan logika nya kalian dapat menerapkan langsung ke bahasa nya langsung. Contoh dibawah ini saya menerapkan program menghitung luas lingkaran.

Belajar Program Melatih Logika
Klik Untuk Memperbesar Ukuran










Mungkin disitulah manfaat bagi kita yang belajar pemrogaman. Pasti yang kita lakukan harus ada manfaat nya kan. Ada banyak program aplikasi yang digunakan untuk membuat program. Untuk memahami lebih dasar lagi saya sarankan bahasa C++ . Program yang digunakan Turbo C++ atau Borland C++ .

Mungkin cukup sekian dari saya semoga bermanfaat. Jika ada saran atau kritik dan tidak mengerti silahkan berkomentar.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comentários:

Posting Komentar

!!!:: DILARANG BERKOMENTAR LINK AKTIF ::!!!
!!!:: DILARANG BERKOMENTAR DENGAN HAL YANG KOTOR ::!!!
!!!:: SOPAN DALAM BERKOMENTAR ::!!!
!!!:: DILARANG PROMOSI APAPUN ::!!!
!!!:: BILA SEMUA KETENTUAN DI ATAS DILAKUKAN MAKA KOMENTAR AKAN DI HAPUS ADMIN ::!!!

 
Copyright © 2013. KANG INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose | Published By Gooyaabi Templates